Kamis, 13 September 2018

Resep Kering Tempe Pedas Manis Renyah

Sekilas Tentang Kering Tempe

Resep kering tempe adalah resep masakan khas Indonesia yang bisa digunakan untuk side dish. Baik untuk penambah lauk, penambah rasa atau untuk memberi sensasi renyah. Resep kering tempe ini bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan bahkan menghasilkan kering lain. Misalnya mengganti tempe dengan kentang dan membuat rasanya lebih condong pedas.

Tingkat pedas pada hidangan ini bisa disesuaikan dengan selera dengan menambahkan cabe merah, bubuk cabe dan sambal dalam campuran bumbunya. Nah, berikut adalah resep dasar yang bisa disesuaikan dengan selera nantinya.

Bahan  Bahan yang Disiapkan

·                     400 gram tempe iris tipis kotak. Untuk tempe, lebih baik menggunakan tempe berbentuk blok dan bukan yang per helai. Hal ini untuk mendapatkan potongan tempe yang tebal dan seragam. Potongan tempe juga lebih baik dipotong sepanjang 1 cm tipis – tipis memanjang.
·                     150 ml minyak goreng untuk menggoreng tempe
·                     8 buah cabe merah yang diiris tips iris lalu ditumis
·                     10 buah cabe rawit hijau yang sudah diiris lalu ditumis
·                     8 siung bawang merah yang sudah diiris tipis
·                     5 siung bawang putih yang sudah diiris tipis
·                     100 gram gula jawa
·                     1 bungkus asem jawa, biasanya 1 bungkus memiliki bobot 50 gram
·                     1 sdm garam atau sesuai selera
·                     1/2 gelas air
·                     2 lembar daun salam
·                     1 potongan Lengkuas sepanjang 2 cm
Pastikan bahan – bahan resep kering tempe sudah siap sebelum memulai cara membuatnya. Hal ini agar nantinya saat dimasak, Anda tidak terburu – buru dan malah melakukan kesalahan.

Langkah Pembuatan

Setelah semua bahan siap, waktunya membuat hidangan resep kering tempe ini. Ikuti langkah – langkah di bawah ini untuk menghasilkan kering yang enak dan renyah

·                     Goreng tempe sampai matang dan memiliki tekstur kering renyah menggunakan minyak goreng yang sudah disiapkan. Setelah benar kering, sisihkan di atas tisu dapur agar minyak terserap.
·                     Tumis bawang putih, bawang merah, cabe merah dan cabe rawit sampai harum dan kering.
·                     Masak air + asam jawa +garam+ gula jawa + daun salam + lengkuas sampai mendidih dan mengental
·                     Taruh air dalam panci besar, lalu masukan asam jawa, garam, gula jawa, daun sama dan lengkuas. Nyalakan api dan masak hingga mendidih dan air mulai mengental. Jangan berhenti mengaduk jika gula jawa masih menggumpal.
·                     Kecilkan api pada campuran lalu masukan tempe yang sudah kering bersama dengan tumisan bumbu. Menggunakan api kecil, masak campuran tersebut sampai merata dan tempe terlapisi gula kental tesebut.
·                     Setelah yakin rata dan cairan gula agak kering, matikan kompor lalu angkat dari panci.
·                     Sebar di atas permukaan koran dan sisihkan sampai kering.
·                     Agar kering mampu bertahan lama, pastikan menyimpan kering tempe pada tempat yang kedap udara. Jangan langsung masukan kering tempe jika masih belum dingin, hal ini bisa membuat kering tempe jadi berbau.
·                     Nah, hasilnya ini biasanya mampu memenuhi toples ukuran sedang.
Comments