Kamis, 13 September 2018

7 Makan Khas Jogja yang Harus Dicoba

Jika Anda berkunjung ke Jogja, Anda wajib mencoba kuliner yang ada di sini. Makanan khas Jogja ada yang bilang mirip dengan makanan Jawa tapi dengan sentuhan kraton. Berikut adalah beberapa makanan khas Jogjayang wajib Anda coba



1.             Gudeg

Makanan ini pasti selalu muncul saat ada diskusi soal makanan asal Jogja. Gudeg Jogja ada dua jenis, yaitu yang basah dan kering. Untuk gudeg kering biasanya lebih cocok untuk oleh – oleh karena lebih awet. Untuk gudeg basah, langsung di santap lebih enak.

Gudeg bagi yang belum tahu adalah hidangan yang terdiri nangka muda yang dimasak manis gurih. Makanan ini biasanya disajikan dengan daging ayam opor dan krecek pedes.

2.             Krecek Pedes

Makanan ini juga sering disebut sambel krecek. Krecek adalah gelatin kulit sapi berbentuk krupuk yang dimasak dengan kuah sambel goreng ekstra pedas. Biasanya sebagai pelengkap gudeg untuk memberikan sensasi nagih dan tendangan rasa pedas.

3.             Bakpia Pathuk

Nah, sekarang kita masuk ke makanan oleh – oleh yang berupa kue. Bakpia patuk secara sekilas mirip bakpao yang lebih kecil ukuranya. Tapi jangan salah, makanan ini tergolong kue kering. Lapisan kulit ini biasanya lembut dan berlapis. Isian dari bakpia sendiri bisa bermacam – macam. Ada yang berisi kacang hijau, keju, coklat, durian dan masih banyak lagi.

4.             Coklat Monggo

Coklat kreasi lokal ini memiliki kualitas rasa yang nikmat dan unik. Selain pilihan rasa coklat standard yaitu dark, white, caramello, milk dan lain – lain , kamu bisa mencoba coklat rasa unik di sini. Coklat Monggo yang paling terkenal adalah coklat campur rasa cabe, kulit jeruk, jahe dan mangga.

5.             Yangko

Kue berikutnya adalah kue legit lengket yang manis dan gurih. Makanan khas Jogja ini biasanya memiliki penampilan berbagai warna tapi pasti diselimuti tepung khusus. Tepung ini untuk menjaga kue aga tidak lengket dengan bungkus kertasnya.

6.             Belalang Goreng

Bagi yang ingin petualangan kuliner ekstrim, belalang goreng bisa dicoba. Asal hidangan ini adalah dari daerah Gunungkidul. Belalang adalah serangga yang mengandung protein tinggi dari research yang dilakukan para ahli gizi.

Hidangan belalang goreng di sini dijamin bersih dan nikmat. Banyak yang mengatakan rasa seperti memakan kulit udang yang di goreng krispy tapi tanpa dagingnya. Tekstur yang renyah dan rasa yang gurih asin membuat banyak orang menggemari makanan khas Jogja ini.

7.             Nasi Tiwul

Nasi tiwul bukan nasi dari beras, melainkan olahan singkong yang sudah dihaluskan dan dijemur. Hidangan ini dulunya merupakan pengganti nasi waktu era kemiskinan di akhir Orde Baru. Walau sekarang hidangan ini bukan lagi hidangan pokok, rasanya yang legit, manis dan gurih, membuat Nasi Tiwul pas buat hidangan selingan.
Comments