Kamis, 13 September 2018

Inspirasi Kisah Nyata The Conjuring

The Conjuring adalah film horror yang pertama kali keluar pada tahun 2013. Film ini adalah buah tangan director James Wan dengan penulis cerita Chad Hayes dan Carey W. Hayes. Hal yang unik dari film ini adalah suasana mencekam yang terasa nyata saat menonton film. Penggunaan jump scare sangat jarang dan hanya berupa tampilan – tampilan yang aneh namun terasa mencekam dan menakutkan.

img src : pexel


Cerita dengan Saksi Nyata

Kebanyakan orang berfikir bahwa film ini adalah karya dari imajinasi Chad Hayes dan Carey W. Hayes sebagai penulis atau muncul dari ide James Wan sendiri. Hal yang menarik adalah conjuring tidak muncul dari fiksi tapi kisah nyata. Kisah nyata The Conjuring berasal dari berita yang pernah disebarkan dan di bahas oleh Ed dan Lorraine Warren.

Ed Warren adalah seorang veteran perang dunia kedua dan sudah pensiun dari pekerjaan polisinya. Ed sangat tertarik dengan segala sesuatu yang bersifat hantu sedangkan istrinya, Lorraine, mengaku memiliki kemampuan cenayang dan dapat berkomunikasi dengan arwah. Pada tahun 1952 ada kejadian yang menjadi inspirasi kisah nyata The Conjuring. Kisah ini merupakan kisah rumah berhantu Keluarga Perron.

Kisah Rumah Berhantu Keluarga Perron

Pada film, kisah ini memang dibuat sedikit dramatis dan didukung dengan interaksi actor. Hal ini tentu tidak terjadi saat di kisah nyata, tapi ini merupakan pilihan artistic. Jika tanpa tambahan ini, film akan menjadi documentary dan kurang menghibur. Nah, karena kita tahu bahwa kisah nyata The Conjuring lebih realistis, Anda jangan kaget jika cerita ini lebih bikin merinding.

Kisah ini bermula pada January 1971 di saat keluarga Perron berpindah ke rumah dengan 14 kamar tidur di Harrisville. Keluarga ini terdiri dari suami istri dan 5 orang anak perempuan. Setelah selesai proses pindah rumah, keluarga ini langsung merasakan hal – hal aneh dan suasana yang tidak nyaman.

Hal kecil seperti perabot hilang, suara ketukan, beberapa perabot di temukan di tempat yang tidak seharusnya dan kotoran di tengah ruangan sekan ada yang menyapu dan mengumpulkannya di situ. Para anak perempuan ada yang bersaksi melihat penampakan. Beberapa tidak berbuat apa – apa, tapi ada sebagian yang terlihat marah.

Catatan menyatakan bahwa rumah tersebut telah dihuni dari generasi ke generasi oleh turunan satu keluarga. Keluarga tersebut memiliki record yang menyatakan anggotanya ada yang meninggal tanpa sebab jelas atau karena kecelakaan yang tragis. Hal seperti kecelakaan karena tenggelam di danau dekat situ, dibunuh orang, dan kasus bunuh diri merupakan beberapa contohnya.

Salah satu gambaran hantu di film yang dinamai Bathsheba, adalah gambaran dari kesaksian salah seorang anak perempuan bahwa ada hantu yang cemburu dengan posisi ibu dalam keluarga Perron. Hantu tersebut dinyatakan memiliki status sebagai nyonya rumah dengan kedudukan tertinggi dan ia tidak senang dengan ibu dari keluarga Perron.

Ternyata, Bathsheba Sherman adalah orang yang meninggal di dalam rumah tersebut pada tahun 1800. Pada saksi yang masih mengenal Bathsheba Sherman, menyatakan bahwa ia sering melakukan ritual aneh. Mereka percaya bahwa ia terlibat dengan kasus anak meninggal di lingkungan situ waktu ia masih hidup.

Selama sepuluh tahun horror ini berlanjut. Keluarga Perron selalu diganggu dengan suara – suara, bau daging busuk yang keluar dari lantai dan juga penampakan – penampakan. Bahkan beberapa anak mengalami mimpi buruk dengan gambaran yang sama.

Hal paling memuncak adalah di mana Ibu keluarga Perron dirasuki dan mulai berteriak histeris dengan bahasa yang tidak jelas. Saat diikat di kursi agar tidak mengamuk, kursi malah seakan melompat – lompat secara tidak normal. Para keluarga takut dan menjadi paranoid.

Nah, akhirnya Ed dan Lorraine Warren untuk melakukan penyelidikan soal kejadian paranormal ini. Beberapa tes dilakukan. Dalam film, tes ini berakhir dengan ritual pembersihan roh oleh Ed, tapi kisah nyata The Conjuring ini berbeda. Ed tidak melakukan pembersihan roh karena tidak tahu tekniknya. Ed sendiri percaya bahwa pembersihan hanya bisa dilakukan oleh Pastur Gereja.

Karena tidak menghasilkan Ed dan Lorraine Warren di usir. Keluarga Perron menganggap tes yang dilakukan tidak membantu dan malah menyebabkan beban mental bagi sang ibu. Untungnya kisah nyata The Conjuring ini berakhir baik. Keluarga Perron mampu mengumpulkan dana dan pindah rumah pada tahun 1980. Setelah pindah, rumah tersebut tidak dihuni dan kisah penampakan tidak lagi muncul.
Comments